Tiket Kereta Dengan RFID

Penggunaan RFID (Radio Frequency IDentification) nampaknya akan membuat urusan pengenalan identitas menjadi lebih mudah. Setelah ada konsep label baju RFID, pintu anjing dan pembaca cerita dengan RFID, sekarang telah hadir tiket kereta api dengan teknologi RFID.






SNCF, sebuah perusahaan perkeretaapiandi prancis mencoba hal baru dalam sistem pertiketan meraka. Tiket yang berupa sebuah USB ini tidak hanya menyimpan data keuangan penumpang saja. Dalam USB ini akan ada data diri penumpang. USB dengan kapasitas 4GB ini dilengkapi dengan sekuriti untuk melindungi data pribadi penumpang. Tentunya setiap penumpang memiliki satu tiket yang khusus untuknya. Saat si penumpang ingin naik kereta, ia hanya perlu memasukkan USB ini ke komputer milik stasiun tersebut. Secara otomatis, sisa uang penumpang yang telah didepositkan akan berkurang setiap kali dipakai.

Teknologi Terbaru ini bukan hanya akan mempercepat proses perhitungan neraca keuangan, tetapi juga dapat menghemat kertas dan (negatifnya) mudah hilang. Sementara ini baru 1000 tiket kereta RFID yang diterbitkan oleh SNCF. Di Indonesia? mipi kali ye… kereta aja masih sering anjlok!!

0 komentar: