Adu Teknologi dan Mengejar Penjualan


Jakarta - Siapkan dana untuk membeli mobil baru dan cermati perkembangan teknologi otomotif terbaru dunia di Indonesia International Motor Show.

Di tengah naiknya harga BBM dan kondisi ekonomi yang tidak kondusif, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) kembali menghelat event tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 yang ke-16 pada 11-20 Juli 2008 di Jakarta Convention Center.

Harapannya, pameran otomotif terbesar di Indonesia tersebut dapat memberikan kontribusi besar terhadap penjualan yang ditargetkan Gaikindo sebanyak 500.000 unit hingga akhir tahun 2008.

Namun agenda utama pada IIMS 2008 seperti diungkapkan Bambang Trisulo, Ketua Umum Gaikindo adalah sebagai media komunikasi bagi masyarakat mengenai industri otomotif di Indonesia dan dunia. Untuk itu, tema IIMS kali ini yakni “Advanced Motoring, Hi-Quality Living” diharapkan diterjemahkan para ATPM selain menampilkan produk-produk unggulannya, juga mengenalkan teknologi terbaru, khususnya produk eco-technology.

Bagaimana respon dari ATPM sendiri? Setidaknya terdapat empat ATPM yang dikabarkan akan memboyong teknologi canggih ke JCC yang masih dalam tahap mobil konsep. Toyota direncanakan menghadirkan i-REAL yang merupakan varian terbaru dari i-Unit dan Toyota RiN, Ford melalui Ford Verve, serta Suzuki akan memperlihatkan inovasinya melalui Kizashi 2.

Sementara Honda diperkirakan akan kembali membawa ‘si robot pintar’ Asimo. Kelihatannya IIMS diperkirakan akan semakin seru dengan tampilnya mobil ‘aneh’ diatas. Namun sayangnya, para peserta ATPM mengalami penurunan. Bila tahun lalu pesertanya mencapai 21 ATPM, kini data terakhir menunjukan hanya 18 ATPM yang ikut serta.

Beberapa ATPM yang tidak ikut serta diantaranya General Motors, BMW, Renault, dan Peugeot.

Untungnya, banyak ATPM yang akan mengenalkan produk terbarunya dan memikat hati para pengunjung. Toyota yang menempati seluruh area Plenary Hall diperkirakan meluncurkan bintang barunya yakni Toyota Alphard.

Sementara Honda di area Cendrawasih Room tampil dengan New Jazz. Produk baru lainnya yang dikabarkan yakni Mazda2, Mazda RX-8 facelift, All New Mitsubishi Lancer, Mitsubishi Pajero, New Nissan X-Trail, hingga Proton Persona.

Selain Plenary Hall dan Cendrawasih Room, berbagai ATPM lainnya terbagi di berbagai lokasi JCC seluas 60.000 meter persegi.

Di Hall A akan tampil Ford, Daihatsu, dan Mitsubishi. Hall B akan diisi Suzuki, Hyundai, Isuzu, Mazda, Cherry dan Foton. Assembly Hall ditempati Volkswagen, Mercedes-Benz, Audi, Proton, dan Nissan.

Sedangkan area non-ATPM yang terdiri dari berbagai industri pendukung otomotif dengan total 121 peserta akan memenuhi Pre-Function Hall A dan B, Lower Lobby, dan Temporary Hall.

Jadi kunjungi dan saksikan kemeriahan pameran otomotif terbesar yang mendapat pengakuan dari The International Organization of Motor Vehicle Manufacturers (OICA).

0 komentar: