Dengan mewakili kepentingan 500 perusahaan otomotif dan onderdil Jerman, Lembaga Industri Otomotif Jerman baru-baru ini mengirim sebuah delegasi datang ke Tiongkok untuk mempromosikan mobil Jerman. Ketua lembaga itu, Profesor Bernd Gottschalk mengatakan: "Di bidang teknologi dan pembaruan otomotif, kami adalah pemimpin dunia. Selanjutnya, Industri otomotif Jerman akan lebih mempercepat langkah bisnisnya di Tiongkok, terus bekerja sama dengan tulus hati, dengan sungguh-sungguh menjamin konsumen Tiongkok memperoleh hak mengendarai mobil yang bermutu tinggi dan mutakhir."

Kunjungan Lembaga Industri Otomotif Jerman ke Tiongkok kali ini dengan maksud yang jelas, yaitu mengintegrasi semua perusahaan otomotif Jerman, dengan roda grup Jerman yang perkasa, menggiling pesaing negara lainnya, dengan mantap menduduki dan memperluas pangsa mereka di pasar otomotif Tiongkok.

Sebenarnya mobil Jerman sudah lama mendarat di Tiongkok dan memperlihatkan keperkasaannya. Tak terhitung mobil impor, hanya di antara 2 juta mobil yang dibuat Tiongkok setiap tahun, sebanyak 700 ribu adalah mobil Jerman. Grup BMW yang terkenal dengan mobil mewah dan nyaman mendirikan perusahaan patungan dengan Tiongkok pada akhir tahun lalu, dan kini sudah mempromosikan 5 buah tipe mobil yang sangat laris. Presiden perusahaan patungan BMW Heinz-Juergen Preissler dengan bangga mengatakan: "Kami akan menjadi perusahaan manufaktur otomotif mewah yang paling baik di Tiongkok, kami akan tumbuh membesar bersama dengan pasar Tiongkok."

Grup Volkswagen disebut sebagai pasukan induk di antara perusahaan otomotif Jerman di Tiongkok. Untuk sementara, separo mobil yang diproduksi Tiongkok adalah mobil buatan perusahaan patungan Volkswagen. Sudah bertahun-tahun yang silam, mobil Audi sudah dipilih Pemerintah Tiongkok sebagai mobil dinas. Perusahaan Daimler Chrysler baru-baru ini juga terjun dalam arus pembuatan mobil di Tiongkok.

Sedangkan mobil buatan benua Amerika juga sudah lama melintasi Pasifik. Di Pameran Otomotif Internasional Beijing bulan Juni lalu, Perusahaan Ford Amerika sekaligus memamerkan 51 buah mobil yang berbeda, sehingga menarik perhatian umum. Kini, kapal Perusahaan Ford yang mengangkut mobil asli berlabuh di Tiongkok dalam waktu dua pekan sekali. Jumlah penjualan mobil buatan perusahaan patungan di Tiongkok juga meningkat bertahun-tahun, sangat menggembirakan pimpinan perusahaan. Wakil Presiden Perusahaan Ford untuk Tiongkok Kenneth Hsu mengatakan kepada wartawan:" Momentum Perusahaan Ford di Tiongkok tampaknya sangat baik. Dari bulan Januari hingga April, bisnis penjualan meningkat 200%. Kami sangat optimistik atas situasi tahun ini."

Mobil Buick buatan Perusahaan General Motors AS sudah lama dikenal oleh konsumen Tiongkok. Sedangkan Peugeot Citroen dari Prancis, Honda, Toyota dari Jepang dan Hyundai dari Korea Selatan juga sudah mendasar di Tiongkok. Lembaga Industri Otomotif Tiongkok dalam sebuah laporannya baru-baru ini menunjukkan, perusahaan-perusahaan otomotif utama di dunia sudah memasuki pasar Tiongkok, dan terus menambah investasinya. Di antaranya, perusahaan transnasional sudah menempati 90% pangsa pasar otomotif Tiongkok melalui perusahaan patungan atau kerja sama di Tiongkok.

Mengapa pasar otomotif Tiongkok menarik padangan mata global? Selama tahun-tahun terakhir ini, pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang cepat dan taraf hidup yang terus meningkat memungkinkan permintaan atas mobil meningkat pula. Tahun lalu, mobil swasta di Tiongkok bertambah 1,2 juta buah.

Perusahaan modal patungan menyebabkan mobil buatan Tiongkok dalam waktu singkat memperkecil kesenjangan dengan dunia di bidang-bidang teknik dan pengelolaan, di samping membawa manfaat yang memuaskan. Perusahaan Otomotif Shenlong Wuhan yang merupakan perusahaan patungan antara Perusahaan Otomotif Dongfeng Tiongkok dengan Grup Peugeot Citroen Prancis setiap tahun mempromosikan sejenis mobil yang bermutu dan berharga sedang, sehingga mobil Peugeot Citroen terkenal di Tiongkok, dan juga menyebabkan Perusahaan Otomotif Dongfeng terus memperoleh keuntungan. Direktur Jenderal Perusahaan Otomotif Dongfeng Miao Yu mengatakan kepada wartawan: "Selama tahun-tahun terakhir ini, Perusahaan Dongfeng mencapai hasil yang menakjubkan dalam pengelolaan dan perkembangan, taraf teknologi meningkat terus, pembuatan dan penjualan mobilnya juga bertambah pula. " Perusahaan Shenlong tidak saja mengumpulkan pengalaman dalam perkembangan otomotif, tetapi juga memungkinkan perusahaannya menempati kedudukan yang menguntungkan dalam persaingan pasar yang sengit. Sedangkan BMW menyatakan, seiring dengan berkembangnya bisnis, BMW akan secara perlahan-lahan menarik kembali tehnisinya ke negerinya dan menyerahkan teknologi kepada taknisi Tiongkok, menempatkan teknisi Tiongkok ke posisi pemimpin senior.

Guan Wanqiang adalah salah seorang penggemar mobil, ia mempunyai sebuah mobil Bora yang dihasilkan perusahaan patungan Tiongkok-Jerman. Sama seperti banyak warga Tiongkok lainnya, ia juga menyatakan dukungannya terhadap perkembangan otomotif modal patungan: "Teknologi baru tidak mungkin masuk ke Tiongkok tanpa perusahaan patungan. Kesenjangan antara produk Tiongkok dengan luar negeri tampak kian kecil. Seiring dengan meningkatnya taraf tenaga perancang Tiongkok dan seni pembuatan bahan mentah, maka Tiongkok juga akan menghasilkan mobil yang berkualitas tinggi."

Dapat dikatakan, di Tiongkok mobil patungan dan mobil Tiongkok sendiri sedang maju ke suatu titik keseimbangan yang saling memanfaatkan dan saling menguntungkan. Pengusaha asing berusaha mencari tempat mantap di Tiongkok melalui perusahaan patungan untuk memperoleh keuntungan yang memuaskan, sedangkan skala otomotif Tiongkok sendiri juga membesar secara berangsur-angsur karenanya.

Headlights
Dodge Headlights
Ford Headlights

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi,how you goin?It's my great opportunity to enter your wonderful blog,which extremely deserves me to pay a visit.The phenomenon you described leaves me to can't help appreciating your blog design style and content.How abundant it is! Meanwhile there is a mushroom growth of persuing punk rock trend,while the brand mostly expected is ed hardy.Acorrdingly,not only young people experience ed-hardy's booming,they buy ed hardy,but also numerous people indulge in cheap ed hardy.I promise,once you enter my blog,you will enjoy an excellent meal of Ed-hardy.Let us surf in the ed-hardy together.Compared with other gentleman brand,i strongly recommend you to
ed hardy men accessories.How can we imagine ed-hardy vanish overnight!So guy come om !We keep abreast with each other,our blog will be uniquely popular!




ed hardybuy ed hardycheap ed hardy