Robot Pengintai Mobile

Spykee sebenarnya tergolong robot mainan yang di tujukan untuk kosumen masyarakat umum termasuk anak-anak. Bukan robot untuk penelitian atau pun industry. Meski begitu, spykee bukan robot mainan biasa. Dia memiliki teknologi canggih yang membuatnya menarik untuk di amati.

Keistimewaan pertama, robot ini bisa berfungsi sebagai kamera CCTV. Itu lho seperti kamera-kamera pemantau keadaan yang ada di mal-mal, hotel atau tempat-tempat lain.

Bedanya spykee tidak hanya diam mematung, tetapi bias berjalan, bergerak maju mundur, belok kiri dan kanan. Bila si pemilik ingin memusatkan perhatian pada sebuah titik, ia tinggal memerintahkan spykee untuk mengawasi titik tersebut. Sayangnya, skypee tidak di rancang untuk bisa naik tangga.

Mengirim E-Mail.

Bagaimana seandainya ada penysusup masuk rumah yang di awasi spykee? Dia rtdak akan tinggal diam. Adanya sensor tehahadap gerakan membuat kamera spykee bisa mengambil foto gerakan tersebut dan mengirimnya lewat e-mail. Bahkan kalau mau bias di gabungkan dengan suara sirine. Jadi, kalau ada penyusup masuk rumah, si pemilik bias segera mengetahuinya. Oh ya, spykee bisa mengambil gambar diam maupun merekan video.

Kendali Jarak Jauh.

Nah, masih ada keunggulan spykee sebagai robot pengintai. Dia bisa juga di kendalikan dari jarak jauh! Bisa saja spykee ada di rumah, dan si pemilik mengendalikan spykee dari mana saja di dunia ini, asalkan tehubung dengan internet. Memang spykee merupakan robot WiFi yang di program untuk bisa di kendalikan dari jauh lewat internet. Asalkan tersambung dengan jaringan internet dari layanan video call skype. Di Indonesia mungkin layanan itu belum ada.

Otomatis Charging Sendiri.

Kalau baterai HP kita sudah melemah, tentu kita harus mengisi ulang baterai tersebut. Biasanya kita akan menghubungkan dengan sumber listrik. Begitu pula skypee. Kalau baterai sudah melemah, dia harus isi ulang baterai agar bisa tetap berkerja. Uniknya dia bisa melakukan secara otomatis tanpa bantuan manusia. Spykee akan mendatangi dan menghubungkan dirinya dengan tempat charging yang khusus di buat untuknya. Baterai pun terisi sampai penuh.

Pemutar MP3 Hingga Ganti Penampilan.

Apakah itu saja kelebihan sppykee? Ternyata tidak. Masih ada beberapa lagi kepintaranya. Spykee bias di gunakan untuk bertelepon lewat internet, yang sering di sevut dengan VoiP. Dengan begitu, si pemilik bisa bertelepon dengan siapa saja yang dia lihat melalui kamera spykee. Spykee juga bisa menjadi pemutar mp3. Bisa pula robot pintar ini di fungsikan sebagai webcam saat pemilik ngobrol dengan teman lewat internet. Fitur-Fitur ini jelas sangat canggih untuk sebuah robot mainan.!



Dan kalau sang pemilik sudah bosan dengan penampilan spykee, ia bisa membomgkarnya lalu menyusunnya kembali dengan model lain. Spykee bisa di susun menjadi 3 model yang berbeda.

Tidak Bisa di Program.

Meski di golongkan sebagai robot mainan anak-anak, orang dewasa pencinta robot juga ada yang mengoleksinya. Menurut sebagian dari mereka, spykee bisa melaju dengan cukup mulus di atas karpet atau di atas permukaan yang licin. Lengan dan kepalanya cukup lentur, arahnya bisa di ubah-ubah. Bahkan ada yang membongkar bagian dalam spykee untuk mengetahuai rahasianya. Nah di antara sekian kelebihan robot ini, ada juga kekurangannya. Kekurangan yang paling jelas adalah robot ini tidak bisa di program ulang.

Asal Usul Spykee.

Spykee di buat oleh perusahaan mainan bongkar susun Erector Meccano Inggris. Sejarah spykee berawal dari januari 2006. Saat itu para perancang mainan di perusahaan itu ingin membuat robot WiFi dengan berbagai kemampuan. Maka di buatlah beberapa model awal robot WiFi yang terus di sempurnakan. Spykee mulai di perkenalkan pada tahun 2007 di berbagai pameran elektronik di Amerika Serikat. Sekarang spykee di pasarkan di Amerika Serikat dengan harga sekitar U$ 300.

Apa Saja yang Membuat Spykee Jadi Robot Pintar?

1. Processor, sam seperti prosesor computer
2. Software yang di buat khusus untuk Spykee
3. WiFi. Dalam kondisi optimal bisa beroperasi dalam jarak 100m
4. 2 motor penggerak. Memiliki 2 motor penggerak yang membuat nya bisa maju, mundur, belok kanan dan kiri.
5. Kamera dengan resolusi 320 x 200 pixel
6. System charging otomatis. Dalam paket penjualan di sertakan tempat charging yang bisa di datangai spykee untuk charging otomatis.

0 komentar: